You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Undisan
Desa Undisan

Kec. Tembuku, Kab. Bangli, Provinsi Bali

KEGIATAN BULAN BAHASA BALI DI DESA UNDISAN

Administrator 19 Februari 2024 Dibaca 21 Kali
KEGIATAN BULAN BAHASA BALI DI DESA UNDISAN

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali hingga tahun keenam menjadi bentuk komitmen pemerintah untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa, aksara, dan sastra Bali. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali, yang digelar kali pertama pada 2019 Dan terus terlaksana sampai tahun ini baik di tingkat Desa Adat, Desa Dinas, Kecamatan, Kabupaten Dan Tingkat Provinsi, selain itu bulan bahasa Bali juga di laksanakan di instansi-instansi terkait seperti sekolah dan universitas sebagai upaya perlindungan dan pelestarian budaya dan bahasa Bali.

Upaya pelindungan dan pelestarian serta pengembangan bahasa Bali pun dikuatkan dengan regulasi berupa Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Selain itu, terdapat pula Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

Berkaitan dengan hal tersebut Desa undisan juga melaksanakan kegiatan bulan bahasa Bali yang ke IV yang bertemakan ”Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga”, yang dimaknai Bulan Bahasa Bali menjadi alat pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama (masyarakat) Bali. Dengan berbagai lomba di anataranya adalah lomba Nyurat Aksara yang diikuti oleh peserta tingkat SD, Kegiatan Ngewacen Aksara Bali di tingkat SD dan lomba Medarmagita di tingkat dewasa.

Dalam acara ini dihadiri oleh Perbekel Desa Undisan sekaligus membuka acara Bulan Bahasa Bali Tahun 2024,Bapak Camat Tembuku, Kepala Dinas PMDPPKB, Ketua BPD Undisan beserta Anggota , Bendesa Adat Se-Desa Undisan, Babinsa Desa Undisan serta Undangan lainnya diharapkan dengan diadakannya Bulan Bahasa Bali ini dapat meningkatkan minat anak-anak dan generasi muda untuk trus belajar menulis aksara bali serta melestarikan Adat dan Budaya Bali.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image